mengenai sholawat

Ikut berceramah dikit ya.......

Sholawat Itu Apa Sih?

Sholawat Itu Apa Sih?

Hm..mm…tadinya mau menulis pembahasan rumah sakit dalam islam bagian terakhir tapi tiba-tiba saja ingat masalh Sholawat, jadi ya coba-coba saja sedikit-sedikit ungkapin masalah Sholawat.Saya bukan mau membahas dari segi hukum bersholawat dan berbagai aspek Fiqh nya akan tetapi hanya sekedar masalah bahasa saja, apa arti dari Sholawat itu?.

Sering kita mendengar sebuah diskusi baik dalam kalangan internal sendiri seperti dalam komunitas Muslim atapun dengan kelompok agama lain seperti saya liat di VCD dialog antara Mualaf dan Murtadin, nah dalam dialog itu orang murtad mengungkit masalah Sholawat.

Dia bertanya sama para Muaalaf tentang sholawat" Orang-orang Muslim di anjurkan bersholawat kepada Nbai Muhammad Saw, katanya beliau udah di jamin masuk surga dan tanpa dosa, selamat, ko masih di doain juga?berarti belum selamat dong?

Kemudian dari Mualaf menjawab dengan sebuah analogi dan saya perhatikan beliau setuju dengan ungkapan di murtad bahwa sholawat adalah Doa’, begini jawaban nya" Kalau ada anak kecil meninggal orang tuanya selalu mendoakan, padahal anak kecil itu ngak punya dosa dan di jamin masuk surga", nah apalagi seorang Nabi Muhammad Saw tentunya lebih lagi".

Kalau saya liat jawaban itu masih lemah dan saya sendiri kurang puas atas jawaban itu, lemahnya kerena analogi dengan seseorang yang belum ber aktifitas kegamaan dan kehidupan seperti anak kecil tadi, sedangkan Nabi Saw sampai umur 63 tahun, kemudian kedudukan Nabi berbeda dengan manusia biasa.Wallahu’alam bisa jadi ketidak puasan saya atas jawaban itu di karenakan ilmu saya masih rendah dan kekurang fahaman saya atas hal itu, serba mungkin.

Seiring waktu saya mencoba mencari jawaban yang membuat diri saya puas dalam masalah arti Sholawat ini.Alahamdulilah menemukan di bukunya Ibn Qoyim Al-jauziyah berjudul Bada’i'u Al fawaid, beliau menjelaskan nya singkat, padat dan jelas.

Firman Allah Swt: " Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya ".Al Ahzab 56

Dalam ayat di atas di sebut Yusholluuna yang artinya ber sholawat, menurut Ibn Qoyim arti Yusholluuna bukan berdoa (bersholawat), Sholawat dalam artia Do’a, akan tetapi artinya di rujuk ke bahasa arab karean alqur’an berbahasa arab.

Nah dalam bahasa arab arti nya bukan doa tapi ada yang lain yaitu Sholawat berasal dari Sholwain yang mengandung artia dua hal, pertama penghormatan terhadap keagungan, kedua penghormatan terhadap anak yatim yang bermakna belas kasihan.

Jadi karean Rosulullah Saw manusia agung yang Allah Swt ciptakan, sebagai nabi penutup, pembawa risalah terakhir dan lain-lain, jadi Allah Swt menghormatinya begitu juga para malaikat dan kita kaum muslimin.Nah bentuk penghormatan nya dengan membaca kata bahasa arab Allahuma sholli ala Muhammad …,ini dinamai Sholawat.Ke Nabi-nabi lainya yang 24 kita menghormatinya dengan Alaihi salam, kepada Nabi Muhammad dengan Sholallahu Alaihi Wasallam tambah dalam tiap sholat Allahuma Sholli Ala Muhammad …

Dalam kehidupan sehari-hari kita temui model-model penghormatan, seperti seorang yang pangkatnya rendah dalam militer menghormati atasanya dengan angkat tangan dan berdiri, menghormati bendera dengan angkat tangan, orang Amuntai menghormati seseorang yang terhormat dengan rengkuhkan kepala, orang Jawa dengan rengkuhkan badan sedikit dan lain-lain.

Mari Ber Sholawat...........

Semoga semuanya bermanfa’at , amin amin amin.Bieru/Jim