Sejarah PANANGKALAAN (Amuntai)

Dengan bismiLahirrahmanirrahim saya coba untuk menuLis sebuah cerita walau ceritanya tidak terlalu menarik untuk di baca tapi yaa bagi orang yang berfikir perlu juga di baca tentunya cerita ini untuk menambah pengetahun kita *amiiin* membaca itu selain menambah iLmu pengetahuan kita tapi juga untuk melatih otak kita agar berfikir dan meLatih untuk memahami apa yang sedang di baca.
Sa'at membaca apapun otak kita di Latih dan di uji seberapa hebat kemampuannya dLm memahami apa yg telah di baca
Smoga tulisan ini bisa memberikan pengetahuan terhadap orang-orang yang membacanya *amiiiin*
Di suatu ketika saya duduk dan termenung mencoba menghayaL-hayaL apa-apa yang sedang saya Lihat sa'at itu, terseLip di pikiran saya memikirkan siap saya dan di mana saya sekarang.
Dengan penuh antusias saya memikirkan sesuatu yang mungkin takterlalu penting juga , saya memikirkan kenapa Nama kampung saya ini jadi di namakan *PANANGKALAAN* dalam hati saya bingung juga apa sih sejarahnya jadi di namakan panangkalaan setiap Nama itukan biasanya memiLiki sejarah, atau lebih minimnya lagi (asal muLa) kenapa jadi di namakan panangkalaan. Oo,,, ia sebelum kita masuk lebih jauh tentang panangkalaan, teman-teman pernah ga dengar nama kampung ku itu?? Yakni panangkalaan??? Emm pastinya yah banyak yang belum pernah dengar sebelumnya and baru sekarang gitu tau kalau ada Nama kampung yang Namanya *panangkalaan*
coba anda baca dengan perLahan * P A N A N G K A L A A N * hehe sekiLas terlihat di fikiran anda ini adalah sebuah nama yang unik dan sangat asing ,, ,, ,,bagi anda yang baru pernah mendengar Nama itu....! dan yang saya ketahui kayanya di de'erah lain ga ada lagi yang Nama kampungnya itu *panangkalaan* yaa panangkalaan hanya ada
*di kalimantan selatan yaitu tepatnya di Amuntai kota bertakwa (HSU)
* HSU kepanjangan dari HULU SUNGAI UTARA
kalau boleh saya jujur yahh , saya sendiri juga merasa nama ini unik sekali padahal saya asli Lahir di sini Loh, maka dari itu terfikirlah dari diri saya untuk membuat sebuah karya tulisan yang sederhana ini berjuduL *panangkalaan*
ada semboyan orang jaman dulu kalo tidak salah bunyinya itu seperti ini *semakin tua/bertambahnya umur seseorang , maka ia akan semakin sibuk*
benarkah demikian?? Setelah saya fikir-fikir dan belajar dari pengalaman pribadi ternyata memang benar semboyan tersebut
buktinya saya sekarang sudah mulai sibuk. Yahh tentunya saya sibuk kuLiah
karna di kampus saya itu satu minggu itu hanya satu hari az Libur yaitu hari minggu , tapi itupun kadang-kadang ada acara di hari minggu jadi mahasiswa di minta hadir. Yahh begitulah hampir tidak ada liburnya kampus saya itu
tapi justru karna itu saya bersemangat kuliah
karna tanda-tanda orang sukses itu adalah sibuk
ya ga?? Hehe *sok tau bngt ya

Semboyan di atas tadi menyatakan untuk orang-orang sukses, berkerja keras bukan untuk orang-orang yang nganggur.

sekarang rasanya sulit sekali saya mencari waktu Luang, tapi ya alhamduLiLLah pada hari itu saya lagi ga ada pekerja'an , alias waktu luang , akhirnya dengan fikiran yang penuh tanda tanya ?????
Saya berkesempatan untuk menanyakan tentang kampung saya ini
yakni * panangkalaan * kepada seseorang yang sudah yaah Lumayan tua
Terlintas dalam benak saya yang berkeinginan dan berharap orang yang sedang berada di hadapan saya ini
mengetahu'i banyak sejarah-sejarah tentang Desa panangkalaan tentunya agar menambah pengetahuan saya pribadi
dan juga untuk semua orang mau membaca tulisan saya ini.

*panangkalaan*
Emm di atas tadi sudah saya beritahu panangkalaan itu adalah sebuah nama desa yang terletak di kalimantan selatan tepatnya di Amuntai , kabupaten HSU.

*Kenapa yaa??? Jadi di namakan panangkalaan?
*kenapa harus panagkalaan??
* apa sebabnya nenek moyang saya menama'i kampung ini dengan panangkalaan.
Menarik juga yahh??

Ini lah hasil pertemuan saya dengan seseorang yang di atas tadi saya ceritakan
saya akan mencritakan tentang semua pertanyaan2 di atas.

Pada jaman duLu, yang namanya indonesia ini pernah di jajah oleh belanda+jepang.
Penjajahan itu sampai ke plosok-plosok alias kampung kampung terpenciL :: tega betul yah penjajah ini ::
ya yang namanya penjajah memang begitu , kalau orangnya baik hati bukan penjajah donk namanya.
Kembali ke cerita dulu itu (menurut cerita orang-orang yang dulu sudah lahir di panangkalaan ini) kampung ini belum jadi perkampungan seprti HAL nya sa'at ini , dulu yaa semuanya di sini hampir 99% hutan belantara, sepi dan tak ada rumah siapa2 di sini
pada jaman penjajahan itu biasanya orang di sini bersembunyi di hutan-hutan dengan cara menggaLi tanah dan di bawah tanah itulah orang-orang sini bersembunyi. Aku sendiri tak bisa bayangkan bagai mana bentuk galian tanah mereka
tapi ya walaupun orang jaman dulu ga pnter-pinter tapi hebat2 juga loh dan akal an
istilahnya bisa memngatasi segala sesuatu haL dengan fikiran yg sederhana
walau fikirannya ,masih di bawah,